Selasa, 25 Januari 2011

Harta itu bernama “INFORMASI”

Jika Anda ditanya apa perbedaan orang kaya dengan orang miskin, kira-kira apa jawaban Anda??? Mungkin ada yang menjawab “ orang kaya tentulah memiliki lebih banyak uang dibanding orang miskin”, atau mungkin jawabannya bisa saja “orang kaya seleranya high class kalau orang miskin seleranya low class” dan sederet jawaban lain yang ada di kepala Anda. Pertama-tama Anda jangan salah sangka dulu bahwa saya akan memberitahu Anda cara menjadi orang kaya, karena bukan itu isi tulisan saya kali ini,  terus terang saya bukanlah seorang motivator bisnis yang jago meracik kalimat yang bisa memacu Anda berpikir jadi orang kaya. Pasti Anda bertanya kalau bukan masalah menjadi orang kaya kenapa saya menanyakan perbedaan antara orang kaya dan orang miskin? Jawabannya adalah karena saya punya “sesuatu”. Satu kata kunci yang sangat berguna, yang bila Anda gunakan dengan sebaik-baiknya mungkin saja harapan Anda menjadi orang kaya akan terwujud J.

Banyak perubahan yang terjadi sejak manusia memasuki jaman millenium. Perubahan yang paling dirasakan manfaatnya adalah perubahan teknologi. Seperti halnya revolusi industri yang mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin, begitu juga saat ini terjadi revolusi teknologi. Revolusi teknologi mengubah hal-hal yang berbasis analog menjadi digital, manual menjadi otomatis dan semua hal yang dulunya sulit menjadi praktis. Coba kita ingat –ingat lagi jaman kita dulu J . Dulu untuk mengirim pesan atau berita ke tempat yang jauh kita harus menggunakan jasa pak pos, dulu media berita yang tersedia adalah televisi dan Koran, dulu wartel (warung telepon) paling laris di masyarakat sebagai media komunikasi. Nah lihat sekarang perbedaanya. Pak pos sekarang sudah jarang mengantarkan surat-surat pribadi, yang masih ada adalah pengantaran surat lamaran kerja dan tagihan. Jasa pak pos digantikan oleh adanya fasilitas SMS (Short Message Service) di handphone dan fasilitas email. Bila dulu kita hanya melihat berita di TV dan Koran, sekarang berita-berita sudah tersedia dalam website portal. Penyajiannya pun tidak seperti dulu yang monoton berisi tentang pemerintahan saja, tetapi banyak jenis berita yang disampaikan seperti berita mengenai  artis, zodiak, kuliner, bisnis, olahraga, dan masih banyak berita menarik lainnya. Sedangkan wartel saat ini hampir sangat sulit ditemukan digantikan oleh warnet (warung internet) dan telepon genggam.

contoh website portal
Kembali lagi dengan pertanyaan saya di awal mengenai perbedaan orang kaya dan orang miskin, pasti Anda bingung apa kaitannya dengan revolusi teknologi??? Kalau saya boleh mengatakan bahwa keduanya sangat berkaitan. Jika kita perhatikan ada yang bergeser posisinya sebelum dan sesudah teknologi berjaya. Apa itu? yaitu informasi. Dulu sulit untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Jarak yang jauh, biaya yang mahal dan ilmu yang kurang membuat kita buta akan informasi. Tetapi lihat sekarang dengan adanya penemuan-penemuan di bidang teknologi misalnya internet, handphone, laptop, modem maka informasi sangat mudah diperoleh. Tinggal mengakses internet Anda sudah bisa mendapatkan informasi apa pun yang Anda mau. Jadi simpan baik-baik kata kunci “informasi” ini dalam kepala Anda. Bila kepala Anda penuh dengan informasi apa pun bisa Anda lakukan. Mau sekolah ke luar negeri? Tinggal googling informasi beasiswa, mau tahu kabar terbaru idola Anda? Cari tahu saja akun facebook atau twitternya lalu tambahkan sebagai teman Anda, mau jadi pengusaha? Tinggal bergabung ke komunitas para pengusaha di Indonesia atau mau menjadi orang kaya? Anda tinggal cari tahu informasi produk apa yang paling diminati pasar saat ini (nah di sini sudah tahu kan hubungan pertanyaan saya di atas hehe…). Begitulah kekuatan dasyat informasi. Jaman sekarang yang disebut “orang pintar” bukanlah orang yang bisa menjawab soal matematika yang sulit tetapi orang yang bisa “mengolah informasi” menjadi sesuatu. Sesuatu itu bisa berupa uang, popularitas, kreativitas, inovasi dan masih banyak lagi.
dapat informasi dari internet
Jadi tunggu apa lagi silahkan Anda mencari informasi dari berbagai sumber dan mengolahnya menjadi sesuatu. Apabila Anda tidak bisa mengolah informasi Anda bisa membuatnya. Bukankah kita sudah tahu bahwa banyak orang membutuhkan informasi, termasuk saya. Misalnya Anda tahu informasi bagaimana cara melangsingkan tubuh? bagaimana membuat kue kering menjadi renyah? Dimana tempat liburan yang menyenangkan dengan biaya murah? Dan masih banyak informasi lainnya. Bukankah itu hal yang sungguh hebat dan sangat menggiurkan bila kita bisa menyediakan informasi bagi orang lain. Tentu saja untuk bisa membuat informasi Anda harus bisa menulis. Walaupun informasi bisa disampaikan melalui lisan tetapi perlu diingat juga bahwa tidak selamanya otak manusia bisa menyimpan informasi dalam waktu yang lama, untuk itu ada baiknya setiap informasi yang Anda ketahui ditulis secepatnya. Tidak perlu khawatir, sekarang banyak media yang bisa dijadikan sarana untuk menulis, misalnya saja jejaring sosial seperti facebook, twitter, koprol, plurk, dan lain-lain, dengan berinteraksi di jejaring social tersebut secara tidak langsung melatih kita untuk menulis apa yang sedang kita rasakan atau yang sedang kita pikirkan. Bila ingin melatih kemampuan menulis lebih dalam lagi Anda bisa membuat blog pribadi seperti saya ini. Memanfaatkan provider blog gratis seperti blogspot, wordpress, multiply dapat membantu kita mengasah kemampuan menulis kita. Bisa dimulai dari menulis pengalaman pribadi dulu dan nanti dilanjutkan dengan menulis ide-ide kita. Apalagi sekarang banyak sekali kontes atau lomba menulis blog diadakan. Salah satunya Kontes Ngeblog Inspiratif Visimaya yang berlangsung mulai tanggal 7 januari hingga 12 februari 2011, sambil latihan menulis sambil berharap juga bisa menang hehe…. Senangnya bila kita bisa menulis informasi yang menarik, banyak dicari orang dan menang dalam sebuah lomba menulis, What a perfect world!!! J.
mencari dan menulis informasi
Sudah jelas bukan bahwa informasi itu adalah harta yang berharga. Harta yang banyak dicari orang untuk memberikan solusi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, mari kita cari dan buat informasi sebanyak-banyaknya dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna bagi diri sendiri dan tentunya bagi orang lain juga. Apa kata dunia jika kita dicap sebagai orang yang buta informasi karena tidak tahu berita-berita up to date saat ini, atau dicap sebagai orang yang pasif karena tidak mempunyai informasi tentang pekerjaan yang bisa dilakukan. Bagaimana negara kita bisa maju jika individunya tidak memajukan dirinya terlebih dahulu yaitu dengan memperkaya diri dengan informasi yang berguna. Ingat guys harta itu bernama…..informasi J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar