Selasa, 04 Januari 2011

Me in 2010

Setelah lama berpikir kira-kira apa yang mau kutulis di blog kesayanganku ini mengenai memory in 2010 maka kuputuskan untuk menulis garis besarnya saja soalnya kalau semua kutulis secara detail bisa memakan waktu lama berhari-hari (lebih bagus jadiin buku hehe...). Dan finally 2010 is my past hehe... hanya bisa tersenyum semanis mungkin bila kuingat masa-masa di tahun kemarin. Kenapa??? karena banyak sekali yang terjadi, sama dengan tahun-tahun sebelumnya perbedaanya adalah tahun 2010 aku baru lepas dari kandang kampus dan memulai cerita sebagai anggota masyarakat tanpa menyandang status mahasiswa lagi.
Tahun 2010 bisa kubilang adalah masa aku menjadi totally job seeker. Untunglah dengan lumayan singkat aku bisa melepas status pengangguranku selama sebulan lebih setelah mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka walaupun hanya sebagai pegawai kontrak tapi sebagai newbie aku sangat bersyukur. Posisi sebagai caroline officer. Tidak lama aku bekerja disitu dikarenakan aku muak merasakan peraturan peraturan yang menurutku sangat menyusahkan karyawannya. Mulai dari pembatasan waktu sholat (bayangin gak????), waktu istirahat dan banyak lagi peraturan lain yang aku tidak suka dan aku sangat yakin bukan hanya aku yang tidak suka. Bisa dilihat kok dari banyaknya teman-temanku yang resign dari tempat itu.
Untunglah Allah mendengar doaku dan aku pun berhasil keluar dari tempat itu, aku melamar pekerjaan dan lolos. Perusahaan yang menaungi tetap sama tetapi posisi dan tanggungjawab kerjanya berbeda. Gajinya pun beda hehe... Aku senang bisa dapat pekerjaan baru. Suasana kerja sangat nyaman. Aku suka. Aku suka dengan kerjaan ini, tempat ini, teman-temanku, dan tentunya peraturannya juga manusiawi :-). Sebenarnya ku juga ikut melamar sebagai CPNS. Di tempat kerjaku yang pertama aku melamar di departemen luar negeri jadi ceritanya aku ijin ke jakarta buat ikut tes pertama yaitu tes tulis. Alhamdulillah aku lulus dan ikut lagi tes keduanya yaitu tes TOEFL di tempat yang sama yaitu di Jakarta. Tetapi ternyata aku tidak lolos tes toefl nya. Kecewa banget deh soalnya perjuangan ku bolak balik ke jakarta, terjebak macet, jalan kaki karena kesasar sepertinya sia-sia saja hufth... Untungnya keluargaku memberikan dukungan dan aku pun percaya bahwa memang di tempat itu bukanlah tempatku mengais rezki mungkin akan kucoba lagi tahun depan hehe (never give up!!!). Sambil bekerja aku ikut tes CPNS lagi soalnya saat itu lagi musimnya pembukaan lowongan di departemen pemerintah. Aku melamar di PPATK, lamaran masuk, aku dipanggil interview tapi tidak lolos. kenapa???hahaha...sebenarnya memang pantas aku tidak lolos. waktu tes itu aku lagi buru-buru karena bertepatan dengan training ku di tempat kerja baruku itu. Dengan pedenya aku menawarkan diri menjadi peserta pertama yang diinterview padahal semalam aku tidak belajar lho...hehe. Sungguh bodoh. Menyerah???NO!!! Ada penerimaan lagi di departemen PU aku pun memasukkan lamaran dan ikut tes tulisnya. Tes di stadiun bola lagi. Panasnya bukan main mana tempat duduknya bikin punggung sakit. Tapi tidak apa-apa lah aku masih konsentrasi menjawab soal ujiannya. Aku berharap bisa lolos karena kata orang bekerja di PU itu bisa bikin makmur hahaha (katanya sich...). Tapi rada pesimis dikit soalnya yang mau diterima untuk teknik komputer hanya 6 orang. Dan datanglah hari pengumumannya itu hmmm... tidak lolos lagi teman-teman :-( kecewa lagi deh. Tapi sudahlah berarti bukan di departemen ini juga.
Karena masih belum ada yang lolos juga aku fokus kerja saja di tempatku yang sekarang toh aku juga suka kerjanya bisa sambil internetan gratis, santai dan gajinya juga lumayan. Tidak lama kemudian ada pengumuman di internet untuk lowongan di DEPKOMINFO. Hm.... sempat berpikir juga sih, daftar tidak ya??? akhirnya kuputuskan untuk daftar juga. Pertama daftar di internet kemudian baru bisa dikirim melaui POS stelah sudah ada bukti pendaftaran dari websitenya. Pengumuman lulus berkas pun diumumkan yang lulus bisa ikut ke tahap selanjutnya yaitu ujian tulis. Karena saat itu aku lagi tidak connect internet jadi aku cuma minta tolong ma teman untuk diliatkan. Dan kata teman namaku tidak ada. Ya udah deh pasrah saja. Artinya mungkin tahun ini bukan rejekiku. Kuliah saja deh tahu depan.
Keesokan harinya kubuka internet di kantor dan cek lagi kata-kata temanku ternyata dia salah. Disitu tertulis selamat Anda berhak mengikuti ujian tulis. Walah...kirain berkasku gak lolos. Langsung deh ku sms temanku mengatakan kalau dia salah dan aku masih diberi kesempatan untuk ikut tes selanjutnya.
Tes tulis pun kuikuti, wuich banyak banget yang ikuti. Pak satpam membimbing ke tempat tes khusu D3. Hmmm...untungnya aku cepat datang segera kucari tempat yang paling nyaman. Sebelah kanan depan. Tes nya pun berlangsung. Tes nya sama sih dengan tes-tes kemarin seperti soal pancasila, matematika, antonim, sinonim, padanan kata, verbal, dll dech, buanyak pokoknya. Kurang lebih 4 jam kami para peserta menghabiskan waktu untuk menjawab soal. Membuat otak diperas sampe2 turun ke perut dan menyebabkan lapar yang tak tertahankan hehe... Aku terus berdoa semoga lolos soalnya departemen ini merupakan departemen terakhir yang buka tahun ini. Pengumuman pun tiba dan hehe...aku lolos ke tahap selanjutnya. Tes berikutnya Psikotes dan tes wawancara. Dari ratusan orang yang tes di Makassar (ada 7 lokasi ujian tes) tinggal 6 orang yang tersisa untuk posisiku. Psikotesnya berlangsung 4 jam kemudian istirahat 2 jam lalu langsung lanjut wawancara. Ya ampun....udah lama tidak tes psikotes membuatku hampir muntah dikarenakan banyaknya model tesnya. Lapar langsung menghadang. Wawancaranya pun begitu, antrinya lama banget bikin ngantuk. Sambil menunggu giliran wawancara aku duluan mewawancarai peserta yang sudah diwawancarai hehe...kata mereka santai aja toh mereka cuma ditanya tentang masalah keluarga, organisasi, dan pengalaman kerja. Pas giliranku masuk, disuruh duduk lalu seperti biasanya. Bapak itu mengatakan namaku cantik (hehe...sudah sering dibilangin kok Pak...) dan dia menyuruhku mengartikan namanya yang pakai bahasa Arab itu. What???Emang sih namaku Arab banget tapi jujur Pak aku tidak tahu bahasa Arab :-( dia pun maklum. Pertanyaan selanjutnya aku disuruh baca doa iftitah, nih bapak tambah aneh deh...oke bapak saya bacakan ya doa iftitah. Selanjutnya pertanyaannya seputar depkominfo mulai dari UU IT, berita terupdate, mengenai frekuensi, selebihnya cuma nanya2 tentang keluarga. Sudah selesai rangkaian tes ini, tak hentinya kuterus berdoa agar bisa lolos. Sholat Duha bisa dikatakan tak pernah kulewatkan, orang tua selalu kuingatkan juga untuk selalu mendoakan (tanpa diingatkan sbnrx mereka juga selalu mendoakan aku kok...)hehe...Tida tahu kenapa perasaanku biasa-biasa saja tidak ada was-was sama sekali hanya ada perasaan excited. Sepertinya aku akan lolos batin hati ini. Dan pengumuman itu pun tiba. Sengaja aku bangun cepat jam 4 subuh lalu buka laptop connect internet. Pas dibuka link nya belum ada pengumumannya. Hufth...siang kubuka juga belum ada. Sore kubuka juga belum ada. Malam jam 10 kubuka juga belum ada. Capek deh...tidur saja deh padahal teman bilang kalau pengumumannya malam ini. Keesokan harinya aku bangun cepat lagi, bangun jam 4 pagi, buka laptop, buka link, pengumuman ada, download, open dan kota makassar mana ya???, posisi teknisi litkayasa, ada 2 orang lolos, Qurata Ayuni Dan Ratna......
Alhamdulillah :-) langsung sujud syukur dan speechless hiks...ternyata perjuanganku selama ini betul-betul tidak sia-sia. Absolutely, Allah maha tahu yang kubutuhkan :-) Pulang balik jakarta-makassar, macet, kesasar, penolakan, kerjaan yang penuh tekanan semuanya itu untuk mendapatkan ini. Ini....ini my way to start... Semuanya senang, aku senang, keluarga senang, teman-temanku senang, Alhamdulillah Ya Allah...
Jadi teman-teman jangan pernah menyerah dengan beribu kegagalan teruslah mencoba karena kegagalan itu menuju suatu kemenangan yang nantinya membuat bibir ini tersenyum dan berkata "pantas aku mendapatkan ini" :-)
Dan di tahun 2011 ini resolusi pun kubuat sudah kutulis di dinding kamarku, ini barulah babak baru dari hidupku yang memasuki level baru dan lingkungan baru. 2011 will be the great adventure again, surely :-)



2 komentar: