Jumat, 07 Januari 2011

Mengenal Hosting dan Domain

Assalamu Alaikum wr.wb...

Bagi sebagian orang kata hosting dan domain bukanlah kata yang asing lagi yaitu mereka yang berkecimpung dalam dunia internet atau pengguna internet seperti blogger, pemilik website e-commerce ataupun pribadi, facebooker dan lain sebagainya. Tetapi tidak sedikit pengguna internet yang juga belum tahu mengenai hosting dan domain. Walaupun saya sebagai penulis belum menggunakan web hosting pada blog ini bukan karena tidak mau tetapi website saya masih dalam perancangan hehe....
Impian dari setiap pengguna setia internet adalah memiliki sebuah website. Walaupun sudah banyak provider blog yang tersedia seperti yang saya gunakan sekarang tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa website masih memiliki keunggulan. Pertama image yang terbangun pada saat membangun website merupakan suatu citra positif bagi kita, apalagi jika website digunakan sebagai media online marketing. Perasaan was was akan dihapusnya isi blog secara tiba-tiba oleh penyedia blog juga tidak akan menghantui. Untuk membuat website pun sekarang bukan zamannya lagi untuk berpusing-pusing ria dikarenakan telah banyak CMS yang beredar yang membantu kita dalam membangun website kita, misalnya joomla, drupal, wordpress. caranya gampang kok bisa dibuat offline dulu nanti di upload.
Nah, setelah website beres sekarang tinggal bagaimana agar website kita bisa berada di dunia maya atau di internet??? bagaimana caranya agar website kita banyak yang lihat??? di sinilah peran domain dan hosting. Domain atau secara lengkap disebut Domain Name System (DNS) adalah alamat website kita yang nantinya akan diketik user di web browser mereka, misalnya http://www.jagoanhosting.com. Yang perlu diketahui bahwa sebenarnya di internet alamat website terdri dari sederet angka atau disebut IP Address misalnya 192.168.20.1 yang bila dikonversikan ke bilangan biner akan berubah menjadi deretan bilangan 1 dan 0. Mengapa? karena memang komputer mengenal dengan angka sedangkan manusia mengenal dengan nama. Secara singkat dikatakan bahwa DNS melaukan konversi dari nama ke angka. Jadi patutlah pengguna internet bersyukur dan berterima kasih pada Paul Mockapetris yang menemukan DNS di tahun 1983 sehingga kita tidak perlu menghafal angka :-). Perlu diingat bahwa dalam pemberian nama domain betul-betul harus dipikirkan apakah sesuai dengan content website kita? panjang karakternya, keunikan dan lain-lain. Sebuah domain tidak mungkin ada yang sama tetapi yang mirip akan banyak jadi telitilah.
Bila domain sudah didapatkan maka pertanyaan selanjutnya adalah dimana file website ini akan disimpan? nah agar website bisa muncul di dunia maya maka file-file website yang sudah dibuat secara offline harus dipindahkan di sebuah ruang di internet agar selalu online. Istilahnya disebut tempat hosting. Seperti lahan yang harus dibeli atau disewa untuk menampung file-file website. Dengan begitu kita tidak perlu menyediakan seperangkat komputer khusus yang selalu online di rumah atau di kantor, tinggal bekerjasama dengan penyedia layanan hosting. Adapun kapasitas ruang bermacam-macam tergantung dari kebutuhan kita. Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak tempat hosting murah bahkan menyediakan keduanya yaitu domain dan hosting indonesia jadi tidak perlu repot. Selain untuk menyimpan file-file web hosting juga dapat digunakan sebagai mail server untuk membuat mail account atas nama domain kita sendiri. Sebagai database server untuk menyimpan database dan masih banyak lagi fasilitas lainnya tergantung dari paket-paket yang tersedia. Untuk lebih detailnya lagi bisa di cek di jagoan hosting indonesia.
Mau menggunakan blog ataupun website itu sesuai kebutuhan. Tetapi bila ingin serius di dunia maya ini memang baguslah jika mambangun sebuah website. Apalagi sekarang Anda sudah mengenal hosting dan domain dan untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke jagoan hosting Indonesia. Masih bingung dengan pembahasan di atas? Anda bisa lihat video di bawah ini. Mungkin saja melalui gambaran di video ini semakin membantu Anda memahami apa itu domain dan hosting. Check this out.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar