Selasa, 08 Februari 2011

Belajar di Waktu Subuh

Assalamu Alaikum Warahmatullah...


Belajar di waktu subuh?Hmm...jadi ingat masa-masa sekolah dulu dimana kata "wajib belajar" begitu melekat di telinga apalagi ditambah slogan pemerintah "wajib belajar 9 tahun" hehe...
Tapi bukan berarti setelah 9 tahun itu yaitu masa kuliah dan bekerja "wajib belajar" tidak berlaku lagi lho,oh tidak bisa....Malah menurut pengalamanku arti belajar sesungguhnya kutemukan saat di bangku kuliah. Kenapa begitu???karena saat menyandang siswi dulu jujur aku belajar hanya karena ingin naik kelas, masuk top ten, dapat nilai bagus, malas ikut pengulangan dan gengsi kalau dapat nilai jelek (aduh...mirisx pikiranku saat itu). But anyway sekarang untungnya pikiranku sudah terbuka karena pengalamanku dan orang-orang yang menginspirasiku :-)
Menurutku belajar itu butuh komitmen jadi tidak seperti dulu waktu sekolah pakai sistem kebut semalam (SKS), dijamin deh orang yang belajar pakai sistem ini pasti ilmunya tidak akan bertahan lama. Yaa...walaupun belajarnya cuma 30 menit dalam sehari tapi kalau kita berkomitmen dilaksanakan setiap hari maka insyaAllah ilmu yang kita pelajari mudah untuk diserap :-). Ini sudah kupraktekkan lho jadi just try. Satu lagi yang penting adalah waktu yang paling enak buat belajar yaitu pada waktu subuh, jam nya tergantung komitmen waktu kalian. Biasanya aku stel alarm jam 3 subuh dan baru efektif belajar sekitar jam 03.30 subuh (30 menitnya msh bangun tidur melawan kantuk hehe...). Jujur memang agak susah bangunnya tapi kalau dibiasakan pasti bisa. Kenapa harus subuh???soalnya saat subuh suasana tenang, aman dan tentram hehe...paling yang kedengaran suara nyamuk atau cicak tapi tenang saja nyamuk kan bisa dilawan pakai obat nyamuk sedangkan cicak tidak pernah berniat untuk dekat-dekat manusia kecuali cicaknya suka sama kamu :-). Apapun kegiatan belajar misalnya membaca, menulis, menghitung, otak-atik hardware dll yang dilakukan waktu subuh pasti akan cepat diserap atau cepat selesai, tidak ada yang mengganggu jadi pikiran lebih fokus. Buat yang muslim sebelum belajar bisa sholat tahajjud dulu dijamin tambah lancar penyerapan ilmunya, Amin.
Bila memang tidak bisa bangun subuh jangan dipaksakan siapa tahu waktu belajar efektif tiap orang berbeda. Kalau aku memang lebih suka subuh lagian kalau belajar malam tidak tahan begadang, kalau siang biasanya banyak pekerjaan lain yang dilakukan jadi subuh is my favorit time :-)
Bagi yang mau coba silahkan dicoba, semoga bisa jadi solusi bagi kalian yang susah cari waktu buat belajar yang efektif. Belajar kan penting, bukankah ayat pertama yang diturunkan Allah adalah perintah untuk belajar. IQRA. Jadi kita disuruh untuk selalu membaca dan selalu belajar :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar